Definisi Administrasi Pembelian

A. Definisi administrasi

Administrasi merupakan proses kegiatan kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang obyeknya berupa warkat dan surat-surat yang meliputi kegiatan; Menghimpun (menerima), Mencatat, Mengolah, Menggadakan, Menyimpan.

Warkat adalah catatan tulisan atau gambar yang memuat keterangan tentang sesuatu hal untuk mengingat sesuatu. Misal ; bon, faktur, dll yang pada umumnya adalah barang-barang cetakan.

B. Pekerjaan yang ditangani

Seorang Administrator melakukan sebagian dari suatu kegiatan perusahaan. Seseorang mungkin dapat dikatan sebagai tenaga administrasi penjualan, apabila dia menangani masalah penjualan, mengolahnya/mendistribusikan tembusanya pada bagian lain, dan kemudian menyimpanya (mengarsip)

C. Deskripsi Kegiatan Pembelian

 Sistem yang digunakan dalam perusahaan untuk pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Dalam transaksi pembelian terdapat transaksi pembelian tunai dan transaksi pembelian kredit. Tetapi dalam perusahaan ini kita hanya akan membahas transaksi pembelian kredit saja, karena  sebagian besar transaksi pembelian adalah transaksi pembelian secara kredit.

D. Informasi Yang Diperlukan Dalam Kegiatan Pembelian

  • Jenis persediaan yang telah mencapai titik pemesanan kembalai (reoder point)
  • Order pembelian yang telah dikirim kepada pemasok
  • Order pembelian yang telah dipenuhi pemasok
  • Total saldo utang dagang pada tanggal tertentu
  • Saldo utang dagang kepada pemasok tertentu
  • Tambahan kuantintas dan harga pokok persediaan dari pembelian.

Author: Wong ndeso

admin Wong ndeso lahir di bojonegoro tangal 29 oktober 1997

Leave a comment